Berita Terupdate dan Terpercaya Yang Disajikan Dengan Lebih Menarik

Subhanallah Seorang Pemuda Muslim Inggris Menang Debat di OXFORD Union ''Video''

beritaviral.org - Ngubek-ubek dunia maya, khususnya di Youtube, kita bisa temukan banyak hal menarik. Sewaktu berselancar ria, tertarik dengan video berjudul kurang lebih “Seorang Pemuda Muslim Menang Debat di Oxford University”. Video berdurasi hampir 14 menit tersebut menampilkan potongan sesi debat yang secara utuh adalah debat antara beberapa orang ateis yang berpandangan buruk terhadap agama, khususnya Islam, dan di sisi lain adalah yang memberikan pembelaan atas tuduhan-tuduhan dari lawan. Pemuda yang dimaksud adalah Mehdi Hasan. Seorang alumni dari Oxford University. Debat tersebut dilaksanakan di dalam Oxford Union Society yang lebih familiar dikenal dengan nama Oxford Union.


Kita memang akan dibuat terkesan tentang bagaimana Mehdi Hasan menyampaikan argumennya dengan cerdas, cermat, tidak bertele-tele, kata-kata yang selalu menukik tajam pada pokok inti persoalan, juga cara bicara penuh tenaga dan seperti hafal di luar kepala. Sungguh, ini adalah sebuah anugerah dan karunia yang besar. Di bidang perbandingan agama, kita memiliki Syaikh Ahmad Dedat yang kemudian tali dakwahnya dilanjutkan oleh dr. Zakir Naik. Semuanya berdakwah secara nyata dengan berbenturan langsung terhadap hegemoni dunia Barat, namun tetap bisa menangkis berbagai tudingan dan mampu memberikan penjelasan secara gamblang dan jujur apa adanya.

Saya yakin, jika Anda ikut menyaksikan video tersebut, maka akan muncul rasa kebanggaan, bahwa muslim di Barat sana, tidak hanya berperang mempertahankan ideologi perjuangan sebagaimana gontok-gontokan karena beda harakah seperti di negeri kita, tapi mereka di Barat sana benar-benar menghadapi para ateis, nasrani dan juga Yahudi, dan posisi muslim di sana adalah minoritas. Maka, bisa dibayangkan betapa berat perjuangan saudara-saudara kita di sana. Meski demikian, inilah indahnya Islam. Sejatinya yang memberikan pertolongan adalah Allah, Laa Haula Walaa Kuwwata Illa Billahilaliyyil ‘adhiim, tidak ada daya dan kekuatan selain dari Allah semata. Dan Mehdi Hasan adalah salah satu mutiara sebagai duta Islam.

Dari video tersebut, saya juga mulai mengetikkan nama Mehdi Hasan di Youtube. Muncul banyak acara debat semisal di BBC dan lain-lain. Mehdi Hasan senantiasa tampil prima dan cerdas dalam memberikan jawaban dan pandangan terkait persoalan UK secara kekinian maupun counter pandangan yang menyudutkan Islam tanpa dasar bukti yang kuat.

Yang menarik lagi adalah Mehdi Hasan jadi host acara “Head To Head” televisi Al Jazeera yang syutingnya diadakan di Oxford Union. Membahas isu-isu menarik, dengan narasumber kontroversial semisal Irsyad Manji, penyokong Israel, pembenci burqa dan lain-lain. Tujuannya adalah untuk mendebat mereka atas pemikiran nyeleneh dan menyudutkan Islam tersebut. Tidak seperti debatnya para politisi di Indonesia, kita akan dapat menikmati debat dengan penuh semangat, namun santun. Para panelis juga to the point ketika memberikan komentar, sedangkan para peserta dengan cerdas mengemukakan pendapat dan memberikan banyak perspektif baik pro maupun kontra.

Intinya, selamat menonton videonya. Semoga ada hikmah yang bisa dipetik. Dan yang terpenting, sebagai duta-duta Islam yang berdiaspora di berbagai negara dengan jumlah muslim minoritas, semoga bisa memberikan amunisi semangat untuk terus bergerak lebih jauh di masa depan.

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah.

Video 


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Subhanallah Seorang Pemuda Muslim Inggris Menang Debat di OXFORD Union ''Video''