Berita Terupdate dan Terpercaya Yang Disajikan Dengan Lebih Menarik

Pilkada 2 Putaran, Ahok akan Kalah lawan Anies, Kalah juga Lawan Agus, Ahok Selesai?

beritaviral.org - Survei LSI yang dipimpin oleh Denny JA kembali mengeluarkan survei elektabilitas soal Pilgub DKI Jakarta 2017 mendatang.

Hasilnya, untuk pasangan Ahok-Djarot bakal dikalahkan bila head to head dengan calon lainnya di Pilgub DKI Jakarta 2017.

“Jika head to head, hanya dua pasang calon saja, di putaran kedua nanti, jika Pilkada hari ini, pasangan Ahok-Djarot sudah dikalahkan oleh pasangan Anies-Sandi. Pasangan Ahok juga sudah dikalahkan oleh pasangan Agus-Sylvi,” ungkap Peneliti LSI, Ardian Sopa.


Ejek Ahok soal Trotoar Jakarta, Agus: Saya bingung mau Lari Pagi di trotoar mana?
Djan: Ahok adalah Pelindung Umat Islam, Selama Memimpin, Ahok Wujudkan Kepentingan Umat Islam

Hal tersebut diutarakan pada waktu Konferensi Pers Hasil Temuan dan Analisis Survei LSI “Isu Agama Kalahkan Ahok?” di Graha Dua Rajawali LSI, Rawamangun, Jaktim.

Survei yang dilangsungkan pada 28 September-02 Oktober 2016 itu diikuti oleh 440 responden yang dilakukan wawancara tatap muka.

Riset dilakukan dengan metode multi-stage random sampling dengan margin of error kurang lebih 4,8 persen.

Survei itu dibiayai dengan dana sendiri dan sudah dilengkapi juga dengan kualitatif riset (FDG, media analisis dan depth interview).

“Jika pasangan Ahok-Djarot head to head dengan pasangan Anies-Sandi, pasangan Ahok-Djarot mendapatkan 32,1 persen dan pasangan Anies–Sandi mendapatkan 38,0 persen, rahasia/belum memutuskan di angka 29,9 persen. Pasangan Ahok-Djarot sudah dikalahkan oleh pasangan Anies-Sandi. Jika pasangan Ahok-Djarot head to head dengan pasangan Agus – Sylvi, pasangan Ahok-Djarot mendapatkan 31,9 persen dan Agus-Sylvi mendapatkan 35,1 persen rahasia belum memutuskan 33,0 persen. Pasangan Ahok sudah dikalahkan oleh pasangan Agus-Sylvi,” ungkapnya.

LSI juga turut membandingkan dengan jumlah pemilih ketiga pasangan calon yaitu dari segi usia, pendidikan, agama sampai dengan etnis.

“Pemilih pasangan Ahok-Djarot mempunyai profil non muslim, tionghoa, usia tua, pendidikan bawah, pendapatan atas, pemilih PDIP. Sedangkan profil pemilih pasangan Anies-Sandi, dan Agus-Sylvi mempunyai profil yang sama, yaitu muslim, di luar tionghoa, usia muda, pendidikan atas, pemilih partai pendukung plus partai Golkar,” tukas Ardian.

Popular Hashtag: #PenistaanAgamabyAhok

Ardian menuturkan bahwa merosotnya dukungan untuk Ahok itu sejalan dengan bertambahnya sentimen anti Ahok dikarenakan alasan Agama.

Pemilih muslik tak ingin gubernur non-muslim terlihat meningkat dari yang sebelumnya 40 persen menjadi ke 55 persen. Padahal, untuk pemilih muslim di Jakarta sekitar 90 persen dari populasi.

“Sentimen anti Ahok dari pemilih Muslim ke depan selalu potensial meningkat, terlebih lagi oleh dua event yang baru saja terjadi. Pertama, imbauan ketua MUI untuk tidak memilih gubernur non Muslim. Kedua, respon semakin meluas atas kutipan Ahok yang “ditafsirkan” negatif terhadap surat Al-Maidah Quran,” tutupnya.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pilkada 2 Putaran, Ahok akan Kalah lawan Anies, Kalah juga Lawan Agus, Ahok Selesai?