Berita Terupdate dan Terpercaya Yang Disajikan Dengan Lebih Menarik

Meme-Meme Menyindir Penggusuran Di Ibukota, Beredar Di Jagat Maya

beritaviral.org - Belakangan ini, memang marak penggusuran atau penertiban (menurut versi Pemprov) di berbagai kawasan di DKI Jakarta. Pihak Pemprov sendiri berniat melakukan berbagai penataan ulang, yang akhirnya beberapa kawasan pun harus tergusur.

Penggusuran atau 'penertiban' ini sendiri kerap diwarnai oleh penolakan warga, hal itulah yang kemudian menimbulkan ketegangan. Pada penggusuran di Kampung Pulo, Jakarta Timur, bahkan sempat terjadi bentrok pisik antara warga dan aparat baik Satpol PP maupun Kepolisian.

Aksi bentrokan yang terekam oleh awak media, maupum kamera warga secara amatiran ini kemudian beredar luas di jagat maya. Cukup banyak Netizen yang kemudian turut menyuarakan penyesalan terkait masalah ini.


Tak sedikit pula dari mereka yang kemudian membandingkan penggusuran ini dengan apa yang terjadi di negara-negara yang sedang berkonflik. Seorang Netizen bahkan menyamakan penggusuran di DKI, dengan peristiwa yang terjadi di Palestina.


"Sama-sama MENGUSIR PENDUDUK DARI RUMAHNYA," tulis Nirma Yuliansyah, melalui akun Facebooknya.

Beragam komentar pun datang menanggapi, mayoritas Netizen sama-sama menyesalkan dan menyuarakan keprihatinan. Menurut mereka, apa yang terjadi dengan warga miskin di DKI saat ini sangat tragis dan menyedihkan. 

Warga miskin DKI, memang hanya warga biasa. Mereka akan sulit untuk mampu membeli rumah yang layak dan bersertifikat. Meski pemprov DKI sendiri sudah meminjamkan rumah susun pada mereka ( yang memiliki surat-surat tanah), namun mayoritas warga kerap menolak menempatinya. 

Warga lebih memilih tinggal di kawasan padat dan kumuh karena mereka merasa memiliki. Berbeda dengan jika tinggal dirumah susun yang harus membayar berbagai iuran, ataupun bisa saja suatu saat mereka diminta untuk berkemas dan meninggalkannya

 Soeara Rakjat, 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Meme-Meme Menyindir Penggusuran Di Ibukota, Beredar Di Jagat Maya