Berita Terupdate dan Terpercaya Yang Disajikan Dengan Lebih Menarik

Tolong Sebarkan Info Ini... Bila Freeport Diputus Kontrak, Dollar AS Dapat Mencapai Rp 2.000

beritaviral.org - Menteri Koordinator Bagian Kemaritiman Rizal Ramli merekomendasikan supaya PT Freeport Indonesia mengakhiri kontrak karya bila tak dapat penuhi lima ketentuan yang diserahkan Presiden Joko Widodo.

Syarat pertama, kata Rizal, Freeport mesti membayar royalti yang lebih tinggi. Pemerintah terlebih dulu mengambil keputusan royalti tembaga naik dari 3, 5 % jadi 4 % ; royalti emas naik dari 1 % jadi 3, 75 % ; serta royalti perak naik dari 1 % jadi 3, 25 %.

Ketentuan ke dua, sebut Rizal, Freeport mesti bertanggungjawab atas limbah hasil eksplorasi tambang mineral di Gunung Bijih, Mimika, Papua Barat. Ketiga, Freeport mesti melakukan ketetapan divestasi dengan melepas saham sebagian besar ke nasional.


Ke empat, Rizal menagih janji Freeport untuk bangun pabrik pemurnian mineral (smelter). Terakhir, Freeport dituntut untuk melakukan perbaikan lingkungan yang rusak akibat tindakan penambangan dengan cara masif.

 " Bila itu dipenuhi, (izin tambang) dapat dilanjutkan. Namun bila andaikan Freeport ngotot tidak ingin penuhi, kembalikan kontrak karyanya lantaran Indonesia akan dapat durian roboh, " katanya di Jakarta.

Disinggung tentang divestasi saham Freeport, Rizal Ramli cuma berkomentar singkat. " Tunggulah saja, sabar, nikmati dahulu sinetronnya. "

Cadangan Emas
Bekas Menteri Keuangan masa Gus Dur itu menyampaikan Freeport awalannya temukan cadangan emas di permukaan Gunung Bijih (Grasberg) di Mimika, Papua Barat. Searah dengan sistem eksplorasi yang masif, Freeport mengeruk Grasberg sampai menembus leher serta perut gunung.

 " Namun di samping kirinya (masihlah) ada lagi cadangan, di samping kanannya ada cadangan, " tutur Rizal.

Menurut Rizal, keseluruhan cadangan emas Freeport yang telah dapat dibuktikan volumenya meraih 16 juta kilo-gram (Kg). Sesaat untuk cadangan tembaga diprediksikan meraih 1, 5 miliar Kg serta itu belum termasuk juga komoditas tambang bernilai yang lain.

 " Cadangan emas Bank Indonesia itu cuma 100 Kg, China cuma berapa juta Kg. Freeport cadangan emasnya itu 16 juta kg. Bayangin bila setengahnya saja kita masukan kedalam cadangan Bank Indonesia, rupiah dapat menguat ke berapakah? Dapat menguat ke Rp 2. 000 per US$, " katanya. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tolong Sebarkan Info Ini... Bila Freeport Diputus Kontrak, Dollar AS Dapat Mencapai Rp 2.000