Berita Terupdate dan Terpercaya Yang Disajikan Dengan Lebih Menarik

71 Tahun Indonesia Merdeka, Siswa SD di Tanjab Barat Belajar dalam Kandang Kambing

beritaviral.org - Potret pendidikan 71 tahun Indonesia merdeka. Puluhan siswa Sekolah Dasar (SD) Negeri 34 Kelurahan Bram Itam, Tanjab Barat ini terpaksa belajar dalam ruang kelas yang dulunya bekas kandang kambing milik warga.

Kondisi ruang kelas yang serba terbatas ini memang memprihatinkan. Siswa harus menahan dingin ketika hujan dan menahan gerah saat cuaca terik. Maklum, dinding dibuat seadanya dari daun nipah, lalu atapnya dari seng bekas.

Pembangunan sekolah ini dibuat swadaya oleh warga tanpa campur tangan pemerintah sejak dua tahun lalu, tepatnya pada 2014. Fasilitasnya tidak dapat menunjang proses belajar-mengajar. Ketika hujan turun lebat, terpaksa kegiatan belajar dihentikan. Kalau tidak, guru dan siswa bakal basah kuyup karena atapnya sudah bolong termakan usia.


"Kami kepingin nian, sekolah ini bagus seperti sekolah lainnya. Kami pasti lebih semangat belajar, lebih rajin lagi," ungkap Siska, siswi kelas II SDN 34 Kecamatan Bram Itam, Selasa 9 Agustus 2016.

Sejumlah pengajar pun masih tulus meluangkan waktunya untuk mendidik para murid-murid tersebut. Walau gajinya tak memadai dan tak bersumber dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Maklum mereka adalah guru honorer.

‪Selanjutnya, guru SD Negeri 34 Kelurahan Bram Itam (59) menuturkan hingga hari ini belum ada perhatian dari pemerintah kabupaten untuk sekolah di tempatnya mengajar tersebut.

"Proposal kami sudah masuk (Kedinas Pendidikan Tanjab Barat) cuman belum berjalan nampaknya," terangnya.

Ia berharap, pada momen kemerdekaan ini, pemerintah dapat memberikan skala prioritas pembangunan. Utamanya yang menaungi sektor pendidikan. "Utamakanlah fasilitas gedung sekolah, karena itu yang utama," tutupnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 71 Tahun Indonesia Merdeka, Siswa SD di Tanjab Barat Belajar dalam Kandang Kambing