Berita Terupdate dan Terpercaya Yang Disajikan Dengan Lebih Menarik

Kerusuhan Tanjung Balai Pecah Akibat Sikap Arogan dan Intoleran Warga Keturunan Tionghoa yang Memprotes Suara Adzan

beritaviral.org - Kota Tanjung Balai Sumatra Utara kini mencekam setelah terjadi kerusuhan antara Umat Islam dengan pemeluk Budha yang didominasi etnis keturunan Tionghoa, jum’at malam (29/7/2016).

Kejadian ini dipicu oleh aksi intoleran warga keturunan Tionghoa yang memprotes suara adzan berkumandang dan menganggap suara adzan mengganggu.

Warga keturunan Tionghoa bernama Meliana (41) meminta untuk menegur Nazir Almakshum yang ada di Jalan Karya agar suara Adzan di loudspeaker dikecilkan.


Mendapat protes dari Meliana, Nazir kemudian mendatangi rumah Meliana dan menjelaskan bahwa suara adzan yang durasinya sebentar itu sudah sejak lama di Tanjung Balai dan semua pihak menerima.

Merasa protesnya tidak diterima, Meliana kemudian emosi dan terjadilah perdebatan antara Meliana dan Nazir. Karena kondisi semakin memanas kemudian Nazir diamankan ke kantor lurah setempat dan Meliana dan suaminya dibawa ke Polsek Tanjung Balai Selatan.

Setibanya di Polsek Tanjung Balai Selatan dilakukan pertemuan yang melibatkan Ketua Majelis Ulama Indonesia Tanjung Balai, Ketua FPI Tanjung Balai, Camat dan sejumlah tokoh masyarakat.

Saat pertemuan di Polsek tersebut massa mulai menumpuk dari berbagai elemen dan melakukan orasi, jumlah massa mencapai ribuan.

Massa yang tersinggung dengan protes Meliana kemudian melampiaskan merusak rumah Meliana yang keberatan dengan suara azan tersebut dan beberapa Vihara di Kota Tanjungbalai dibakar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kerusuhan Tanjung Balai Pecah Akibat Sikap Arogan dan Intoleran Warga Keturunan Tionghoa yang Memprotes Suara Adzan