Berita Terupdate dan Terpercaya Yang Disajikan Dengan Lebih Menarik

Masih Adakah Anak Didik Kita Yang Seperti Dalam Foto Ini?

beritaviral.org - Sebenarnya saya bersikap skeptis dengan masalah ini. Berbagai informasi di berbagai media tentang guru yang saat ini sudah bisa dibilang tidak ada lagi "wibawanya", tidak membuat Saya tertarik sedikitpun untuk membahasnya.

Mulai dari guru digunduli, di penjarakan dan masih banyak lagi kasus-kasus lain yang mungkin tidak terungkap di media. Entah apa yang terjadi saat ini kepada guru.

Yang Mulai Hilang dari Para Siswa dan anak-anak di Zaman sekarang. Siswa sekolah zaman kolonial ini membungkuk ketika melewati gurunya untuk memasuki sekolah. 


Foto ini merupakan koleksi dari Nationaal Archief, Belanda yang diperkirakan diambil tahun 1880-1910 di Jawa. Bukan karena semata-mata ketika itu sebagian besar wilayah Nusantara dikuasai oleh pemerintahan kolonial Belanda, sehingga membuat para siswa ini harus membungkuk-tertekan (baca takut). Melainkan membungkuk merupakan sebuah sikap sekaligus cara hormat masyarakat terutama Jawa terhadap orang yang sudah selayaknya dihormati. 

Dalam tradisi masyarakat Jawa, sikap seperti ini merupakan salah satu cara yang lazim dan menjadi simbol penghormatan generasi muda terhadap generasi yang lebih tua. Dalam interaksi masyarakat Jawa, sikap membungkukkan badan juga menandakan sebagai sikap menghormati dan menempatkan posisi. 

Dahulu, sekolah merupakan tempat formal dimana kita diajarkan tentang etika dan sopan santun. Dan tak melulu hanya soal ilmu dan pengetahuan belaka, melainkan moral. Sekarang?! Maka menghormati adalah tradisi sekaligus toleransi.

gurukelas.id

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Masih Adakah Anak Didik Kita Yang Seperti Dalam Foto Ini?