Berita Terupdate dan Terpercaya Yang Disajikan Dengan Lebih Menarik

Jelang Sahur, Ini Kegiatan yang Dilakukan Anak-anak 90-an!

beritaviral.org - Setiap tahun, umat Muslim di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Setiap tahunnya pula, kegiatan buka puasa dan sahur tak akan absen untuk dilakukan. Di Indonesia, baik berbuka puasa maupun makan sahur, setidaknya ada beberapa aktivitas yang sudah menjadi tradisi.

Baik dilakukan oleh orangtua maupun anak kecil sekalipun. Jika kamu menilik ke beberapa dekade yang lalu, banyak perbedaan yang terlihat dengan zaman sekarang. Terutama dari segi tradisi menjelang sahur. Bagi kamu anak-anak 90-an, pasti merasakan banget perbedaannya. Di mana saat itu kamu rela untuk nggak tidur setelah salat Tarawih untuk tadarusan di masjid dan membangunkan tetangga dengan berkeliling komplek membawa 'alat perang', seperti panci, galon, dan sebagainya. Sekadar nostalgia, berikut beberapa kegiatan yang biasa dilakukan anak-anak 90-an saat menjelang sahur. Masih ingat?


1. Tadarusan.
Kelar salah Tarawih dan minta tanda tangan imam, beberapa anak nggak langsung pulang ke rumah. Mereka biasanya memutuskan untuk tetap di masjid atau mushola dan melantunkan ayat-ayat suci Al-Quran secara bergantian atau bersama-sama. Satu jam menjelang sahur, mereka tidur sebentar dan bangun untuk membangunkan warga yang lain sahur. Cakep!

2. Keliling kampung atau komplek bawa-bawa obor dan 'alat musik' biar para tetangga bangun.

Seperti peraturan tak tertulis, kebanyakan yang mengikuti kegiatan bangunin warga sambil jalan kaki adalah anak laki-laki. Mulai dari bocah SD sampai anak SMP. Sebab, biasanya anak SMA udah gengsi ikut-ikut kegiatan macam begitu. Bergerombol, mereka menyerukan suara-suara yang mengundang kegaduhan dan warga pada bangun. Ganggu, sih.. Tapi keberadaan anak-anak ini cukup membantu warga biar nggak kesiangan makan sahur.

3. Bangunin warga lewat toa masjid.
Berbeda cara namun satu tujuan, kegiatan yang satu ini nggak membuat anak-anak keliling kampung. Cara mereka lebih santai, yakni berdiam di depan microphone masjid dan teriak sekencang-kencangnya biar warga bangun sahur hahaha. Sungguh mulia. :))
Bintang.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Jelang Sahur, Ini Kegiatan yang Dilakukan Anak-anak 90-an!