Berita Terupdate dan Terpercaya Yang Disajikan Dengan Lebih Menarik

Geng Motor Harus Segera Ditangkap Supaya Tak Ada Cebongan Jilid II

beritaviral.org - Anggota geng motor yang menganiaya dan membunuh Pratu Galang belum juga tertangkap. Polisi sampai mengimbau agar para pelaku segera menyerahkan diri, namun imbauan itu belum juga dipenuhi.

Polisi diminta segera menangkap mereka dan memprosesnya sesuai aturan hukum. Jangan sampai ada Kasus Cebongan Jilid II. Saat itu prajurit Kopassus bergerak di luar perintah untuk menghabisi preman yang membunuh teman mereka.

Psikolog Forensik Reza Indragiri menilai tewasnya rekan sejawat bisa memicu pembalasan dendam dari anggota TNI. Kondisi itu bisa terjadi karena setiap tentara terjangkit anxiety stress disorder.

"Itu yang bisa dialami oleh tentara yang sejawatnya tewas, apalagi akibat kecelakaan maupun sebagai korban," jelas Reza saat dihubungi  Jumat (10/6).


Dia memastikan, tindakan kekerasan terhadap pelaku pembunuhan Pratu Galang bisa saja terjadi. Jika tidak menemukan pelakunya, bisa jadi anggota geng motor yang sama dengan pelaku namun tak terkait dengan kejadian itu bisa menjadi sasaran amukan tentara.

"Tindakan kekerasan ke pihak yang dianggap telah menganiaya sejawat. Jika (pelaku) tidak bisa dijangkau, bisa pula menyasar orang-orang lain sebagai substitusi (pengganti)," paparnya.

Penyakit tersebut, lanjut Reza, sering terjadi di kalangan militer dan sangat serius. Rekan sejawatnya bisa saja melakukan tindakan yang melawan hukum.

"Bahwa ada tentara yang bertindak di luar ketentuan, tetap salah. Tapi ada sisi insani mereka yang boleh jadi jauh lebih kompleks dari pada yang diduga, dan itu perlu dijadikan sebagai bahan cermatan. Termasuk dalam ranah hukum," ujar dosen Psikologi Forensik di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) ini. 

Meski demikian, dia menganjurkan agar seluruh prajurit menyerahkan sepenuhnya kepada proses hukum di tanah air.

"Penanganan dari jalur psikologis adalah pembinaan kesehatan psikis personel secara berkesinambungan, plus terus menerus menempa personel sebagai manusia yang taat hukum."

Merdeka.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Geng Motor Harus Segera Ditangkap Supaya Tak Ada Cebongan Jilid II