Berita Terupdate dan Terpercaya Yang Disajikan Dengan Lebih Menarik

Besarnya Peran Kivlan Zein Dalam Pembebasan 10 Sandera Abu Sayyaf

beritaviral.org - Pembebasan 10 orang sandera yang sebelumnya ditahan oleh kelompok Abu Sayyaf, mengungkap peranan Kivlan Zein yang berhasil melakukan diplomasi dengan bantuan berbagai pihak. Hal itu diungkap oleh Kadiv Humas Polri, Brigjen Pol Boy Rafli Amar.

Langkah diplomasi diambil dengan pertimbangan bahwa nyawa 14 WNI yang sedang dalam penyanderaan lebih berharga dari pada uang. Apalagi ada dukungan dari berbagai pihak untuk dilakukannya diplomasi , antara lain tokoh yang berpengaruh di Filipina seperti Nur Misuari.

“‎Kita melihat dan mengedepankan diplomasi. Jajaran yang terlibat pemerintah melalui Kemenlu, TNI dan Polri dimana petugas Polri ada di Filipina dan selama ini berkoordinasi. Ada juga keterlibatan masyarakat dan tokoh yang memberikan perhatian khusus dan memberikan akses kepada kelompok Abu Sayyaf. Ini kemenangan diplomasi yang harus kita syukuri,” jelas Boy di Mabes Polri, Jakarta, Senin (2/5/2016).


Sejarah kerjasama yang baik sudah pernah terjadi sebelumnya antara Indonesia dan Filipina, dalam diplomasi yang dijembatani TNI saat perundingan antara pemerintah Filipina dan kelompok separatis di Moro, Filipina Selatan.

Saat itu Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zein mewakili pemerintah RI bernegosiasi dengan kelompok Abu Sayyaf, dengan dijembatani oleh Moro National Liberation Front (MNLF) dari Filipina Selatan, sehingga konflik yang sedang terjadi di sana bisa diredam.

Pengalaman negosiasi yang baik tersebut, membuat Kivlan Zein pun kembali ditugaskan menjembatani diplomasi antara Abu Sayyaf dan pemerintah RI untuk pembebasan sandera.

“‎Ada banyak sekali tokoh dan itu saya diapresiasi dan mengucapkan terima kasih karena sepuluh nyawa itu tidak bisa diukur dengan uang. Terlebih kepada pemegang otritas di Filipina yang memberikan informasinya. Dan ada juga tokoh dari Mindanao Nur Misuari,” jelas Boy lagi.

http://sidomi.com/

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Besarnya Peran Kivlan Zein Dalam Pembebasan 10 Sandera Abu Sayyaf