Berita Terupdate dan Terpercaya Yang Disajikan Dengan Lebih Menarik

Berhati-Hatilah Dalam Berkata Sebab Kata-Kata Tidak Akan Bisa Batal Diucapkan

beritaviral.org - Mulutmu harimaumu.

Peribahasa itu mungkin terdengar usang, tapi maknanya seperti tak pernah lekang waktu.

Dalam bergaul, kadang-kadang kita melupakan rambu-rambu kesopanan. Terlebih dengan orang yang selama ini sudah akrab. Pada mereka yang sudah akrab, kamu mungkin sering asal mengucap. Hal-hal yang seharusnya diucapkan dengan hati-hati justru sudah diucapkan dengan tidak pakai ragu-ragu lagi.

Selain dengan kata-kata, banyak orang yang tergelincir karena komentar-komentarnya di media sosial. Kata-kata yang terucap, terwakilkan dengan tekanan-tekanan keyboard oleh tangan. Tanpa mulut pun orang bisa salah “bicara” di media sosial.

Sayangnya, kata-kata yang sudah terlontar tidak bisa ditarik kembali. kata-kata itu telanjur didengar banyak orang dan terserap ke dalam hati orang tersebut. Mungkin saja ada lebih dari satu orang yang tersinggung dengan ucapan yang telanjur terlontar.


Di media sosial, “salah ucap” akan semakin mudah karena ketika kita tidak saling tatap, tangan menjadi lebih ringan mengetikkan kata-kata. Di sinilah kemungkinan orang-orang ada yang tidak bisa menerima kata-kata yang mungkin tidak enak di hati.

Kata-kata yang kamu ucapkan bisa menjadi senjata yang berbalik menyerangmu. Kalau kamu tidak hati-hati dengan ucapan, kata-katamu bisa mencelakakan diri sendiri. Kamu bisa menjadi orang yang tidak disukai. Bahkan, orang-orang yang kebetulan tidak suka dengan kata-katamu mungkin saja memperkarakan masalah ini.

Agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan, sebaiknya kamu berhati-hati saat berbicara. Di dunia maya, pikirkan berkali-kali sebelum kamu mengemukakan pendapat tentang apa saja, agar tidak ada orang yang mungkin tersinggung.

Kata-kata itu seperti anak panah. Sekali meluncur, tidak akan bisa ditarik kembali. Sejauh ini yang diperlukan adalah kehati-hatian sebelum meluncurkan anak panah tersebut agar kamu terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

http://hingga.com/

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Berhati-Hatilah Dalam Berkata Sebab Kata-Kata Tidak Akan Bisa Batal Diucapkan