Berita Terupdate dan Terpercaya Yang Disajikan Dengan Lebih Menarik

Tolong Bagikan !!! 6 Gejala Penyakit Jantung Yang Selalu Muncul Satu Bulan Sebelum Serangan Jantung

Samarinda - Penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian nomor satu di Indonesia. Pada umumnya gejala penyakit jantung telah dirasakan penderita satu bulan sebelum serangan terjadi, tapi kebanyakan orang menyepelekan tanda-tanda tersebut sehingga tindakan medis sering terlambat diberikan.

Penyakit gaya hidup ini disebabkan oleh pola hidup tidak sehat, kurang istirahat, tingkat stres yang tinggi, konsumsi makanan tidak sehat dan tentu saja merokok. Sebuah data pernah dirilis oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa setiap 6 detik terdapat satu orang yang meninggal karena penyakit jantung.

Mengubah gaya hidup dan menurunkan tingkat stres diketahui dapat menjaga kesehatan jantung dan membantu menurunkan risiko penyakit ini, tapi sesungguhnya ada satu hal lain yang sangat penting diketahui karena dapat menyelamatkan jiwa yaitu mengetahui gejala penyakit jantung sejak awal yang biasanya sudah dialami penderita.


Seperti halnya penyakit lain, penyakit jantung juga memiliki gejala dan tanda-tanda tertentu yang biasanya sudah muncul sebelum serangan utama terjadi. Pada umumnya orang menyepelekan gejala tersebut dan berusaha meyakinkan diri sendiri bahwa kondisinya sehat-sehat saja. Hal inilah yang menyebabkan risiko meninggal dunia akibat serangan jantung sangat tinggi.

Karena itu di artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas beberapa tanda dan gejala penyakit jantung yang perlu anda waspadai.

Gejala penyakit jantung pada pria dan wanita perlu diwaspadai sejak dini
Tanda-Tanda dan Gejala Penyakit Jantung

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa sebagian besar orang yang meninggal dunia karena penyakit jantung tidak pernah tahu semasa hidupnya bahwa dirinya mengidap penyakit tersebut. Setelah terjadi serangan, barulah orang-orang di sekitarnya paham penyebab kematiannya.

Gejala penyakit jantung kadang-kadang tidak terdeteksi sejak awal, ini disebabkan karena gejala yang dialami penderita bersifat umum dan tidak spesifik. Kebanyakan penderita menganggap dirinya sakit magh biasa atau sakit flu saja sehingga tidak memeriksakan diri ke dokter.

Padahal serangan jantung sebetulnya tidak datang tiba-tiba, setidaknya satu bulan sebelum serangan terjadi, beberapa tanda dan gejala sudah dirasakan oleh penderita.

Berikut ini beberapa gejala penyakit jantung yang perlu diketahui oleh semua orang.
1. Kelelahan
Pola makan tidak sehat, merokok dan kurang olahraga akan menyebabkan pembuluh darah arteri menyempit karena adanya plak di dinding pembuluh. Kondisi ini mengakibatkan peredaran darah menjadi terhambat.
Untuk mengantisipasinya, jantung akan bekerja lebih keras dalam memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Akhirnya penderita akan merasa lelah dan juga mengantuk.
Kelelahan adalah salah satu gejala penyakit jantung. Jika akhir-akhir ini anda sering merasa lelah, sering menguap karena mengantuk padahal anda tidak melakukan aktifitas yang berat, maka ada kemungkinan sedang terjadi proses tidak biasa di dalam tubuh anda. Dalam hal ini anda perlu mewaspadai terjadinya serangan jantung yang tiba-tiba. 
2. Sesak Nafas
Jika jantung anda kekurangan darah itu berarti paru-paru anda kekurangan oksigen. Paru-paru dan jantung adalah dua organ tubuh yang saling bergantung satu sama lain. Jika paru-paru terganggu maka tidak butuh waktu lama fungsi jantung juga akan terganggu.
Sesak nafas adalah salah satu gejala serangan jantung. Jika anda mengalami kesulitan bernafas sebaiknya segera ke dokter untuk memeriksakan diri sebab ada kemungkinan tidak lama lagi gangguan tersebut akan merembet ke organ jantung. 
3. Lemas
Pembuluh arteri yang menyempit menyebabkan organ tubuh terhambat mendapatkan asupan oksigen dan juga nutrisi yang dibawa melalui darah. Otot tubuh tidak mendapatkan apa yang mereka butuhkan untuk bekerja optimal akibatnya adalah tubuh menjadi lemas dan juga lemah.
Lemas dan lemah adalah salah satu gejala penyakit jantung yang biasa dirasakan oleh penderita. Jika anda mengalami kondisi ini tanpa penyebab yang pasti maka ada kemungkinan itu adalah gejala awal penyakit jantung koroner yang harus segera anda antisipasi. 
4. Kepala pusing dan keringat dingin
Seperti dijelaskan sebelumnya, sirkulasi darah tidak lancar akibat pembuluh darah menyempit menyebabkan bagian tubuh seperti otak akan kekurangan oksigen. Gejala yang dirasakan penderita adalah pusing dan juga sakit kepala dan keringat dingin. 
5. Dada sebelah kiri sakit
Gejala serangan jantung yang paling umum dirasakan penderita adalah perasaan tidak nyaman pada dada sebelah kiri. Penderita biasanya menggambarkan perasaan tersebut seperti ditekan, terbakar atau tertekan. Pada kebanyakan orang, rasa sakit akan melebar sampai di lengan kiri. 
6. Flu
Jika anda merasa mengalami gejala flu tanpa sebab maka kemungkinan itu adalah pertanda penyakit jantung. Beberapa penderita menyampaikan mengalami masuk angin hanya beberapa hari sebelum serangan penyakit jantung datang.
Flu dan keringat dingin yang disertai dada yang terasa nyeri adalah satu gejala penyakit jantung. Jangan panik jika anda tiba-tiba merasakan tanda ini, segera hubungi keluarga atau orang terdekat untuk membantu anda.
Bagaimana Jika Anda Mengalami Gejala Penyakit Jantung Tersebut?

Jika anda atau seseorang yang anda kenal mengalami beberapa gejala tersebut di atas segera kunjungi dokter untuk memeriksakan diri. Cara terbaik untuk mencegah penyakit jantung terjadi adalah dengan memperhatikan gejalanya sejak awal.

Meskipun beberapa gejala yang dirasakan penderita tidak spesifik tapi dengan melakukan pemeriksaan sedini mungkin maka faktor risiko dapat dihindari.

Selain itu, anda pun perlu memulai satu gaya hidup yang lebih sehat dari yang biasa anda jalankan. Mengonsumsi makanan sehat akan memberi tubuh kekuatan untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Berhenti merokok dan rajin berolahraga akan sangat membantu jantung dalam melaksanakan tugasnya memompa darah ke seluruh organ tubuh yang lain.

Demikian sekilas informasi mengenai tanda dan gejala penyakit jantung yang jarang diperhatikan orang. Jangan lupa sebarkan artikel ini ke teman atau keluarga yang lain agar mereka mengetahui gejala-gejala penyakit jantung.

Sumber: pengensehat.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tolong Bagikan !!! 6 Gejala Penyakit Jantung Yang Selalu Muncul Satu Bulan Sebelum Serangan Jantung