Berita Terupdate dan Terpercaya Yang Disajikan Dengan Lebih Menarik

Hamas Bikin Terowongan Hingga Tembus Ke Israel

beritaviral.org - Militer Israel (IDF) menemukan terowongan Hamas dari Gaza yang tembus hingga wilayah Israel. Ini adalah terowongan bawah tanah Hamas pertama yang diketahui tembus sampai Israel sejak Perang Gaza tahun 2004.

Menurut informasi yang beredar, terowongan ditemukan 10 hari lalu saat IDF menggelar operasi. Sejak ditemukan, militer Israel telah menghancurkan pembuka terowongan di kedua sisi perbatasan. Sumber pertahanan senior menyebut pembuka terowongan ditemukan di wilayah Negeri Bintang Daud di antara pagar perbatasan markas militer dan kota.

Terowongan sepanjang ratusan meter dari Kibbutz Holit ini berlokasi di Dewan Kedaerahan Eshkol. IDF hingga saat ini masih terus mendalami terowongan yang berawal dari selatan Gaza ini. Informasi sementara mengatakan kedalaman terowongan mencapai 30 meter.


Situs Palestina Zamn melaporkan terowongan dibangun selama lebih dari dua tahun, termasuk kekuatan infrastruktur di dalamnya. Israel menduga terowongan ini memiliki banyak cabang dan telah digunakan Hamas untuk tujuan gelap.

"Hamas menggali terowongan untuk tujuan menyerang dan bertahan, sejauh ini belum pernah ditemukan adanya terowongan yang mengarah ke Israel sebelum 2014," kata seorang Komando Senior Selatan, seperti dikutip dari situs Haaretz, Senin (18/4).

Pejabat Israel mengatakan penemuan ini merupakan sebuah 'pertanda' dari teknologi militer IDF yang berhasil menemukan lokasi dari terowongan Hamas.

"Terowongan adalah aset bagi Hamas," terang Komando Senior Selatan.

Merdeka.com 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Hamas Bikin Terowongan Hingga Tembus Ke Israel