Berita Terupdate dan Terpercaya Yang Disajikan Dengan Lebih Menarik

Delapan Sosok Habibie : Idaman Wanita di Sepanjang Zaman

Siapa yang tidak mengenal sosok Bacharuddin Jusuf Habibie? Namanya berkibar di seantero tanah air sebagai Presiden Republik Indonesia ketiga. Di dunia, namanya telah dikenal sebagai Maestro Teknologi, atas segala sumbangsihnya terhadap kemajuan teknologi terutama dalam pesawat terbang.

Nasionalisme terhadap bangsa Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Pesawat N-250 Gatotkaca yang dibuatnya bersama anak bangsa menjadi bukti telah mengangkat derajat bangsa Indonesia dari negara miskin menjadi negara berkembang. Saat ini, Habibie tengah mempersiapkan untuk terbang bersama sayap-sayap mimpinya, pesawat R-80 The Next N-250. Si Gatotkaca buatannya akan siap mengudara melintasi nusantara dan dunia pada tahun 2017-2018. Kita doakan semoga lancar.


Tapi kali ini kita tidak akan membahas prestasi dan intelektual dari sosok Habibie. Melainkan akan membahas sisi lain dari sosok Bacharuddin Jusuf Habibie. Nama tengahnya mengingatkan pada sosok Nabi Yusuf, pria paling tampan sedunia yang tahu bagaimana menghormati perempuan. Sisi lain tersebut menceritakan bagaimana sosok lelaki ini menjadi inspirasi untuk semua kaum, baik wanita maupun lelaki, tua maupun muda. Mimpi, cinta, spiritual, nasionalisme, profesionalisme, pertemanan berbalut menjadi satu, memanunggaling jiwa bersama Habibie.

Berikut ini sosok Habibie yang selalu dan tetap akan menjadi inspirasi dan idaman wanita sepanjang zaman.
1. Menghormati sosok ibunda
Bagi Habibie, Ibundanya adalah wanita paling berpengaruh dalam sepanjang hidupnya. Tuti Marini Puspowardojo, perempuan hebat yang memebentuk karakter disiplin pada diri Habibie. Ibunda mengajarkan nilai-nilai untuk tidak menyerah pada keadaan. Dikutip dalam buku Pesawat Habibie, Habibie mengatakan “Dalam pikiran saya telah terakumulasi, membentuk tekada bahwa saya harus menjadi anak yang tahu diuntung, membalas semua pengorbanan orang tua, keluarga, dan saudara-saudara, untuk menjadi anak yang kelak jika kembali ke tanah air, harus menajdi anak yang berhasil dan bisa mengabdikan ilmu yang saya peroleh untuk membangun bangsa. Anak yang menjadi kebanggaan dan menjunjung orang tua saya.” Jika seorang anak sangat menghormati ibunya, maka tidak perlu diragukan lagi bagaimana ia bersikap kepada pasanganya. 
2. Optimisme yang luar biasa
“Tidak ada bedanya saya dengan Anda, Anda dengan saya. Don’t worry. Saya yakin Anda bisa. Belajar dari kesalahan sendiri dan kesalahan orang lain, berdasarkan keyakinan, dan demi kepedulian. Tugas saya sebagai orang tua memberikan motivasi semangat pada Anda,” ujar Habibie dalam bukunya Sayap-Sayap Mimpi. Semangat dan energinya lebih dari rata-rata orang. Demikian juga dalam membangun hubungan, harus dilandasi keyakinan yang kuat antar satu sama lain. 
3. Berprinsip Kuat
Habibie sangat berpegang teguh pada prinsipnya. Rasa cinta yang besar pada Indonesia membuat Habibie mudah menolak dengan tegas tawaran menarik yang datang dari Boeing dan Presiden Filipina. Habibie hanya akan beranjak dari Jerman, jika ada yang memintanya untuk mengabdi pada bangsa Indonesia. Jika dalam diri manusia sudah memiliki prinsip yang kuat, maka apapun yang ada di luar tidak akan menggoyahkannya.\ 
4. Mengalah untuk menang
Tipikal Habibie yang begitu ambisius, tetapi mampu mengemasnya dengan begitu apik, sehingga ambisinya tidak melukai banyak orang. Seperti yang dilakukan Habibie ketika harus merelakan IPTN gulung tikar akibat krisis moneter 1998. Untuk membuat lompatan besar, seorang seorang harus mundur beberapa langkah. Hal ini juga bisa diterapkan dalam sebuah hubungan pasangan kekasih, tidak saling melempar ego. Mengalah menjadi kunci keberlangsungan sebuah hubungan. 
5. Mencintai orang yang tidak mencintainya
Orang yang menghargai dirinya sendiri, tidak akan sanggup menghina orang lain. Tampaknya prinsip itulah yang dipegang Habibie, sehingga dia tidak merasa perlu membalas dengan perlakuan serupa. Habibie berpikir semua manusia itu baik. 
6. Mencintai tanpa akhir
Ainun adalah istri Habibie yang selalu dicintai sepanjang hidupnya. Bagi Habibie, Ainun sudah memanunggal bersama jiwanya. Mereka selalu berkata jika kunci sukses hubungan jangka panjang adalah dua orang yang selalu berada dalam satu gelombang yang sama, berada dalam satu frekuensi. Habibie dalam keadaan suka dan duka selalu ada Ainun yang menyemangatinya dan memberikan kekuatan. Ainun bagaikan oase yang selalu memberikan kesejukan dan kehangatatan di hati Habibie. Begitu juga sebaliknya. Sampai akhir masa hidup Ainun, Habibie masih terus merasakan getaran cinta saat pertama mereka bertemu. 
7. Terlalu cinta
Ainun selalu merasa apa yang dilakukan Habibie berlebihan dan sempat meminta Habibie membatalkan ambulans tersebut. Tapi Habibie tetap pada keyakinannya. Dia tahu Habibie sangat mencintai melebihi apapun, oleh karena itu ada kalanya Ainun menyembunyikan rahasia dari Habibie. Agar Habibie bisa fokus pada pekerjaan dan profesionalismenya. Sepanjang usia, Ainun dan Habibie tetap mesra dengan sentuhan, pelukan dan ciuman. 
8. Seperti Kisah Romeo Juliet
Jika di Inggris memilik kisah romantis Romeo Juliet yang berakhir tragis. Maka Habibie dan Ainun mengisahkan cintanya seperti Romeo Juliet yang happy ending. Kisah cinta yang penuh kesetiaan, pengorbanan, perjuangan menjadikan mereka berdua inspirasi bagi semua pasangan. Rasa cinta Habibie yang luar biasa besar kepada Ainun bisa membuat siapa saja merasa iri. Semua wanita ingin rasanya diposisi Ainun yang selalu tercurahkan limpahan cinta, kemesraan dan keromantisme. Bagaimana Habibie memperlakukan Ainun cukuplah menjadi pelajaran apa itu cinta sejati.
“Cara termudah untuk bahagia adalah dengan mensyukuri apa yang kamu punya dan tidak membandingkanya dengan orang lain.” (B.J. Habibie)

(hipwee.com)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Delapan Sosok Habibie : Idaman Wanita di Sepanjang Zaman