Berita Terupdate dan Terpercaya Yang Disajikan Dengan Lebih Menarik

Cari Dana Perang, Isis Dikabarkan Kelolah Tambak Ikan.

osul: Kelompok militan Islamic State (ISIS) sepertinya berupaya untuk mencari dana perang. Bahkan ISIS dikabarkan membangun tambak ikan guna mencari tambahan dana.

ISIS sebelumnya dikabarkan berupaya mencari cara untuk mengatasi hilangnya pemasukan dana dari kilang minyak yang kembali dikuasai oleh pasukan Irak atau Suriah.

Padahal menurut laporan, ISIS bisa memperoleh dana sekitar USD2 miliar setiap tahun. Keuntungan itu didapatkan dari penjualan minyak dan gas di Irak serta Suriah.
Tetap dengan serangan udara yang dilakukan oleh pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS), menyebabkan sebagian besar kilang minyak dari ISIS itu kembali dikuasai Pemerintah Irak dan Suriah.

Kini ISIS mencari cara untuk meraih pemasukan. Salah satunya yang dilakukan adalah membuka penjualan mobil dan mengelola tambak ikan di Irak.

"Mekanisme keuangan dari kelompok teroris ini sudah berubah dalam waktu dua tahun terakhir," ujar Hakim Jabbar Abid al-Huchaimi, seperti dikutip Mirror, Jumat (29/4/2016).

"Setelah pasukan pemerintah mengambil kendali dari beberapa kilang minyak milik Daesh (nama lain dari ISIS), mereka mencari cara non-tradisional untuk membayar gaji anggota dan melakukan aksi terornya," lanjutnya.

Laporan yang dipaparkan oleh Hakim al-Huchaimi, menunjukkan bahwa ISIS menggunakan wilaya utara Provinsi Baghdad sebagai pusat finansialnya.

"Tambak ikan tersebut memberikan pemasukan sejak 2007 dan kini menjadi sumber pemasukan uang baru untuk ISIS," berdasarkan laporan itu.

Pada awalnya tambak ikan itu memberikan pemasukan dana bagi kelompok Al Qaeda, tetapi kini ISIS yang mendulang keuntungan. ISIS juga menerapkan pajak pertanian dan mengambil retribusi 10 persen dari penjualan unggas serta impor yang masuk ke dalam wilayahnya.

Berdasarkan laporan, dana milik ISIS didistribusikan melalui Bayt al-Mal di Mosul. Bayt al-Mal merupakan kementerian keuangan ISIS yang menyebarkan dana ke wilayah provinsi yang mereka kuasai.

sumber: Metrotvnews.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cari Dana Perang, Isis Dikabarkan Kelolah Tambak Ikan.