Berita Terupdate dan Terpercaya Yang Disajikan Dengan Lebih Menarik

Harga BBM Hari Ini: Premium Turun Rp 500 Per Liter Mulai 1 April 2016

beritaviral.org - Seperti yang diberitakan Sidomi sebelumnya, harga BBM premium dan solar turun Rp 500 per liter mulai 1 April 2016. Dengan demikian, premium kini dijual dengan harga Rp 6.450 per liter sementara solar Rp 5.150 per liter. Harga tersebut akan bertahan hingga enam bulan ke depan.

Menteri ESDM, Sudirman Said pada Rabu 30 Maret 2016 mengumumkan, “Hari ini (pemerintah) memutuskan harga premium (yang) semula Rp 6.950 menjadi Rp 6.450, jadi turun Rp 500. Telah diputuskan harga baru akan berlaku 1 April 2016.” Perubahan itu sendiri disesuaikan dengan Permen (Peraturan Menteri) ESDM Nomor Tahun 2014 tentang Perhitungan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM), yang dua kali diubah, tan terakhir dengan Permen ESDM Nomor 39 Tahun 2015.


Dalam peraturan tersebut, ditetapkan jika pemerintah akan mengubah harga BBM setiap tiga bulan sekali. Rentang waktu perubahan yang demikian, dipilih untuk menjaga kestabilan. Hal ini dijelaskan Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian ESDM, Sujatmiko, “Hal ini  (perubahan per tiga bulan) dilakukan demi menjaga kestabilan sosial ekonomi, pengelolaan harga dan logistik, serta menjamin penyediaan BBM nasional.”

Sesuai dengan peraturan, setelah harga baru BBM ditetapkan pada Januari 2016, maka pemerintah kembali mengatur harga pada April 2016. Namun, setelah ini, harga BBM tidak akan mengalami perubahan hingga enam ke depan. Seharusnya, akan ada peninjauan kembali harga pada bulan Juli 2016, tetapi ada kecenderungan harga minyak dunia yang meningkat.

Menteri ESDM Sudirman Said menyebut, penurunan harga BBM bulan April yang sebesar Rp 500 per liter dilakukan untuk menjaga kemungkinan tidak terjadi lonjakan besar di kemudian hari. Apalagi periode Juli mendatang, bertepatan dengan Idul Fitri.

Sudirman Said menuturkan pada Rabu lalu, “Regulasi kita meminta pemerintah untuk tidak melepas harga BBM untuk sepenuhnya ke mekanisme pasar sehingga (pemerintah menjaga) agar ada stabilitas dan smooth, naik-turun harga yang tidak terlalu tinggi. “

sumber: sidomi.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Harga BBM Hari Ini: Premium Turun Rp 500 Per Liter Mulai 1 April 2016