Berita Terupdate dan Terpercaya Yang Disajikan Dengan Lebih Menarik

Adik Yusril dihujat gara-gara serang Ahok pakai isu rasis

beritaviral.org - Duta Besar Indonesia untuk Jepang Yusron Ihza Mahendra menyebut kepemimpinan Ahok arogan. Adik kandung bakal Cagub DKI Yusril Ihza Mahendra itu juga menyerang Ahok dengan isu rasis.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengaku sudah mengadu pada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi atas pernyataan berbau SARA yang dilakukan oleh adik kandung pesaingnya di Pilgub DKI 2017 ini. Dia menyebut pernyataan Yusron tidak sama sekali mencerminkan ciri orang Indonesia.

"Ada yang ngetwit nakutin, kasihan lho, turunan China miskin, nanti dibantai gara-gara Ahok. Itu kurang ajar, namanya rasis. Itu Dubes Jepang adiknya Yusril ngomong pakai nasihat. Ini negara bahaya," kata Ahok di Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (30/3).


Anggota Komisi III Ruhut Sitompul meminta Presiden Jokowi mencopot Yusron. Menurut dia, kicauan Yusron di Twitter sangat memalukan dan tidak pantas keluar dari mulut seorang dubes seperti Yusron.

"Presiden Jokowi segera menarik ulang dari tempat tugasnya di Jepang. Karena pernyataannya sangat memalukan bangsa Indonesia dan melanggar HAM dan ideologi Pancasila," kata Ruhut ketika dihubungi di Jakarta, Kamis (31/3).

Tak hanya meminta Yusron copot, politisi Demokrat ini menyebut adik kandung Yusril Ihza Mahendra itu sangat memalukan.

"Kau (Yusron) tidak malu sebagai Duta Besar Indonesia di Jepang. Pernyataan kau yang berbau rasis. Kalau di Jepang orang seperti kau lebih baik harakiri pakai samurai. Karena tidak pantas kau sebagai duta besar kita untuk Jepang," tegasnya.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir juga meminta seluruh Duta Besar Indonesia fokus menjalankan tugas diplomatik. "Yang kita harapkan agar semua perwakilan dalam menjalankan tugasnya di luar negeri fokus untuk menjalankan tugas-tugas diplomatik yang telah diberikan oleh pemerintah," kata Nasir di Kemenlu, Jakarta, Kamis (31/3).

Nasir mengatakan Kemenlu belum berkomunikasi dengan Yusron terkait cuitan adik Yusril itu.

"Secara reguler Kemenlu menyampaikan kepada seluruh perwakilan RI, dubes, konsul terkait kebijakan RI kita selalu ingatkan kepada kepala perwakilan untuk fokus pada tugas-tugasnya. Mereka seharusnya fokus kepada isu-isu yang telah diberikan oleh pemerintah di posnya tersebut," imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR Fadli Zon menantang Ahok untuk membuktikan di mana unsur rasis yang dilontarkan Yusron. Justru, tegas Fadli, Ahok lah yang kerap kali melontarkan cacian-cacian terhadap orang lain bahkan kepada warganya.

"Ahok juga suka berkata rasial, bahkan mengeluarkan kata cacian," Fadli di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (31/3).

Politisi Gerindra itu berpendapat, apa yang ditulis Yusron adalah hal yang wajar. Dia era demokrasi, seseorang bebas mengeluarkan pendapatnya.

"Saya melihat kalau kapasitasnya sebagai pribadi, beliau juga pengamat politik, saya kira bebas-bebas saja orang berpendapat," kata Fadli.

Seperti diketahui, kemarin, Yusron memberikan penilaiannya terhadap gaya kepemimpinan Ahok di akun Twitter-nya, @YusronIhza_Mhd. Dia berkicau, gaya Ahok arogan dan dapat menimbulkan kerusuhan atau kesenjangan sosial di kalangan masyarakat kecil dan etnis Tionghoa.

sumber: merdeka.com 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Adik Yusril dihujat gara-gara serang Ahok pakai isu rasis