Berita Terupdate dan Terpercaya Yang Disajikan Dengan Lebih Menarik

5 Tips Atur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji Kecil.

Tak semua orang beruntung mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi. Bagi yang bergaji kecil, mungkin akan kesulitan menyimpan uang untuk beberapa hal seperti dana darurat, biaya kuliah, dana pensiun, membeli mobil, dan sebagainya.

Bahkan tidak jarang ada yang kehabisan uang pada pertengahan bulan. Hal tersebut mungkin saja terjadi akibat tidak dapat mengelola gaji bulanan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan keuangan rumah tangga.

Setiap keluarga pasti memiliki rencana untuk masa depan yang memerlukan uang yang banyak. Sedangkan mencari tambahan penghasilan bukanlah sesuatu yang mudah.
Melihat kondisi ini, Anda harus bisa mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji kecil agar rencana yang telah disusun dapat tercapai.

Berikut 5 cara hebat mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji kecil seperti ditulis 

-Rencana belanja bulanan
Pemborosan keuangan cenderung terjadi ketika mengikuti keinginan yang belum tentu menjadi kebutuhan. Cara terbaik untuk menggunakan pendapatan yang kecil adalah membuat rencana belanja bulanan dengan menggunakan anggaran yang tertulis.

Belanjakan uang sesuai dengan rencana yang telah disusun tersebut. Ketika sudah waktunya membeli apa yang dibutuhkan, Anda sudah memiliki anggaran untuk berbelanja. Namun jangan menggunakan uang melebihi anggaran yang telah disusun, karena uang yang tersisa sudah dialokasikan untuk kebutuhan lainnya.

Menggunakan anggaran tertulis untuk merencanakan pengeluaran dapat meminimalisir Anda dari resiko menghabiskan uang untuk membeli sesuatu yang tidak perlu.

-Membeli barang bekas layak pakai
Membeli barang yang masih layak digunakan dapat menghemat anggaran belanja, seperti mobil bekas, barang elektronik bekas, furniture bekas, dan sebagainya. Banyak orang yang memberikan penawaran murah untuk barang bekas yang jarang digunakan, bahkan ada yang tidak pernah digunakan.

Membeli barang bekas yang masih layak pakai atau barang bekas dengan kondisi seperti barang baru akan sangat membantu Anda untuk berhemat. Misalnya saja, bagi keluarga yang baru pindah rumah dan memerlukan furniture seperti meja, kursi dan perabotan rumah tangga lainnya.

-Hemat pengeluaran beberapa aktivitas
Cara menghemat pengeluaran bagi yang bergaji kecil adalah dengan melakukan beberapa aktivitas sekaligus untuk menghemat pengeluaran seperti membeli makan siang sambil melakukan tugas di luar kantor.

Hal ini akan lebih menghemat pengeluaran BBM daripada melakukan beberapa perjalanan yang tidak efisien. Simpan selisih uang ke rekening tabungan secara berkala. Bahkan bila rumah Anda dekat dengan tempat kerja, Anda dapat mengambil makan siang dan kopi di rumah sendiri.

-Mencari penghasilan tambahan
Manfaatkan waktu yang dimiliki untuk mencari penghasilan tambahan. Ada banyak cara untuk memperoleh tambahan penghasilan seperti menjual pulsa, menjadi penulis lepas, jualan online, dan sebagainya yang terpenting tidak mengganggu pekerjaan utama.

Dengan semakin banyak penghasilan tambahan, maka akan semakin banyak gaji yang dapat disisihkan untuk tabungan.

Gunakan kupon diskon
Menggunakan kupon diskon atau promo untuk membeli bahan makanan dan barang kebutuhan lainnya dapat menghemat banyak uang, terutama jika Anda pintar mencari tempat belanja yang banyak menawarkan kupon.

Saat ini, banyak supermarket yang menawarkan diskon untuk pembeli yang memiliki kartu pelanggan. Anda dapat mencari di internet untuk menemukan kupon produk favorit.

Sumber: Merkeda.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Tips Atur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji Kecil.