Berita Terupdate dan Terpercaya Yang Disajikan Dengan Lebih Menarik

Inggris Waspadai Serangan Besar-besaran dari ISIS

BERITAVIRAL.ORG - Polisi Inggris tengah mewaspadai ancaman serangan dari kelompok militan ISIS dalam skala yang "besar dan spektakuler" di Inggris dan negara-negara Barat lainnya.

Asisten komisaris Kepolisian Metropolitan London, Mark Rowley menyatakan ancaman serangan dari kelompok yang telah menguasai sebagian Irak dan Suriah ini terus meningkat dan dapat terjadi di mana saja, seperti serangan berantai di Paris tahun lalu yang menewaskan 130 orang.

Setelah serangan di Paris, menurut Rowley, ISIS "berfokus pada [serangan] polisi dan militer sebagai simbol negara, bahkan [mungkin lembaga] yang lebih luas."

"Anda melihat sebuah kelompok teroris yang memiliki ambisi besar untuk meluncurkan serangan besar dan spektakuler, bukan hanya jenis serangan yang berhasil kita digagalkan sampai saat ini," kata Rowley dikutip dari CNN, Senin (7/3).

Rowley mencontohkan serangan penembakan jatuh pesawat Metrojet 9268 milik Rusia di Sinai pada Oktober lalu. ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan yang menewaskan 224 penumpang dan kru itu.

Rowley juga menyebut perlu adanya penyidik €‹untuk menghalau serangan teroris, seperti ledakan baru-baru ini di sebuah pesawat penumpang Somalia yang tengah terbang di Afrika Timur.

Tersangka pelaku meledakkan turut tewas ketika bom meledak sementara tewas dua lainnya terluka dalam serangan itu. Al-Shabaab mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Kepala keamanan Inggris sebelumnya memperingatkan bahwa ancaman terbesar yang ditimbulkan oleh kelompok ISIS adalah radikalisasi para pemuda Inggris melalui internet.

Hal ini dapat membuat para pemuda Inggris terpanggil untuk bergabung dengan ISIS dan bertempur di Suriah maupun Irak. Ketika mereka kembali ke Inggris, mereka juga berpotensi meluncurkan serangan di dalam negeri.

Sekitar 800 warga Inggris diperkirakan berangkat ke Suriah, sebagian besar di antaranya adalah untuk bergabung ISIS, sejak pecahnya perang saudara.

Rowley menyatakan bahwa sejumlah penangkapan baru-baru ini menunjukkan bahwa ISIS menggunkan metodologi yang berbeda dalam usaha untuk mengirimkan militan yang memiliki senjata dan pelatihan paramiliter ke Eropa utara.

"Kelompok teroris selalu ingin melakukan serangan lebih spektakuler karena mendapat dampak yang lebih," katanya, dikutip dari Reuters.

Rowley mengungkapkann polisi Inggris telah melakukan lebih banyak penangkapan yang terkait dengan upaya kontraterorimse pada 2015, dibanding tahun sebelumnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inggris Waspadai Serangan Besar-besaran dari ISIS