Berita Terupdate dan Terpercaya Yang Disajikan Dengan Lebih Menarik

Hati-Hati Bakso Dan Soto Tercampur Daging Babi Beredar Di Sekitar Kita.

YOGYAKARTA - Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dispertahut) Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta menemukan sejumlah makanan yang mengandung daging babi yang dijual oleh pedagang bakso dan soto.

Kabid Kesehatan Hewan Dispertahut Bantul, Agus Rahmat Susanto mengatakan, pihaknya melakukan uji petik terhadap berbagai macam makanan yang beredar di Kabupaten Bantul, dari kegiatan tersebut, pihaknya menemukan bakso dan soto yang positif menggunakan daging babi. Namun, pihaknya enggan menyebutkan lokasi penjual yang menggunakan daging babi sebagai bahan baku makanan tersebut.

“Sampel makanan yang diambil kemudian kita uji di Balai Pengembangan Bibit Pakan Ternak Diagnostik Kehewanan DIY," katanya, saat dihubungi Kamis (21/1/2016).
Namun demikian, pihaknya belum bisa memastikan apakah pencampuran daging babi ini dilakukan sengaja atau tidak oleh penjualnya. Sebab, bisa jadi bahan baku daging terkontaminasi daging babi.

"Untuk bakso, apakah tercampur saat proses penggilingan atau bagaimana kita belum dapat memastikan," ujarnya. 

Agus mengungkapkan, dinas telah memberikan surat teguran yang dilayangkan pada 18 Januari 2016 dan ditandatangani oleh Kepala Dispertahut Bantul, Partogi Dame Pakpahan. Pencampuran daging babi ke dalam soto daging maupun bakso dinilai melanggar undang-undang tentang keamanan pangan asal hewan.

"Kita sudah layangkan surat teguran, agar penjual tidak mengulanginya," katanya. 

Ia berharap, masyarakat tidak resah dengan adanya makanan yang bercampur daging babi ini. Pihak Dispertahut Kabupaten Bantul juga berjanji akan melakukan uji petik kembali guna melindungi konsumen.

"Uji petik juga menyasar penjual makanan yang berada di perbatasan," papar dia.

sumber: okezone.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Hati-Hati Bakso Dan Soto Tercampur Daging Babi Beredar Di Sekitar Kita.