Berita Terupdate dan Terpercaya Yang Disajikan Dengan Lebih Menarik

Fakta Seputar Tenggelamnya Kapal Titanic

Sudahkah kalian menonton salah satu film fenomenal yang berjudul Titanic? Film yang diproduksi oleh sutradara James Cameron ini memang diangkat dari kisah nyata mengenai peristiwa tenggelamnya kapal Titanic di tahun 1912. Kapal yang tenggelam akibat menabrak sebuah bongkahan es ini hingga sekarang masih saja menyimpan banyak hal misterius.

Dalam film yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet ini pun tidak dijelaskan secara rinci mengapa kapal fenomenal tersebut bisa tenggelam hanya karena sebuah bongkahan es. Ternyata, ada banyak fakta menarik dibalik peristiwa ini yang tidak diketahui orang-orang sebelumnya. Dan berikut ini adalah beberapa daftarnya.

1. Ada salah seorang korban berkebangsaan Jepang yang berhasil selamat dari tragedi ini. Namun, ketika ia kembali ke Jepang, ia merasa dipermalukan dan banyak yang berkata bahwa ia seharusnya ikut tenggelam di dalam laut bersama korban yang lain.
2. Dalam filmnya, terdapat sebuah adegan menyentuh dimana para pemusik didalam kapal tetap memainkan musik untuk membuat para penumpang tetap tenang. Ternyata hal ini benar-benar terjadi saat peristiwa! Para pemusik tersebut tetap bermain selama satu jam setelah kapal menabrak bongkahan es.

3. Jika saja bongkahan es dapat terlihat 30 detik sebelum kejadian dan sang kapten kapal menyadarinya, kecelakaan Titanic dapat dihindari.

4. Milton Hershey, yang sekarang kita kenal sebagai seorang yang berjasa dalam menciptakan coklat Hershey’s, memiliki tiket untuk menaiki kapal Titanic, namun ia mengubah rencananya untuk tidak menaiki kapal tersebut.

5. Keempat cerobong asap yang terdapat pada kapal menjadi sangat terkenal dan ikonik. Padahal, salah satu dari cerobong asap tersebut bahkan tidak berfungsi sama sekali dan hanya dijadikan sebagai sebuah dekorasi.

6. Lebih dari setengah perahu penyelamat tidak digunakan sesuai dengan kapasitasnya, sebenarnya masih terdapat banyak ruang kosong dalam perahu penyelamat tersebut. Jika saja hal ini digunakan lebih efektif, akan ada banyak jiwa yang terselamatkan.

7. Titanic adalah satu-satunya kapal yang mengalami peristiwa tenggelam karena bongkahan es.

8. Sehari sebelum kapal tenggelam, awalnya pihak kapal hendak mengadakan sebuah simulasi sederhana yang dapat mengajarkan para penumpang agar mengetahui apa yang harus mereka lakukan dalam keadaan darurat. Namun, hal tersebut dibatalkan.

9. Bongkahan es yang membuat Titanic tenggelam, sebenarnya sudah mengapung di laut tersebut sejak 1000 tahun sebelum masehi.

10. Biaya yang dihabiskan oleh sutradara James Cameron untuk memproduksi film Titanic ternyata lebih besar dibandingkan biaya pembuatan kapal Titanic yang asli.

Sumber: Hello-pet.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Fakta Seputar Tenggelamnya Kapal Titanic