Berita Terupdate dan Terpercaya Yang Disajikan Dengan Lebih Menarik

Bahan Pembuat Bom Nuklir Di Kirim Dari Jepang Ke AS.

TOKYO - Jepang mengirim sekitar 730 pon plutonium yang bisa untuk membuat 50 bom nuklir ke Amerika Serikat (AS) akhir pekan ini.

Bahan senjata berbahaya itu diklaim dikembalikan ke AS setelah “dipinjam” Jepang untuk penelitian. Namun, pengiriman bahan bom nuklir itu terjadi setelah muncul keresahan dari kelompok aktivis anti-nuklir.

Ratusan pon plutonium dikirim dengan kapal bersenjata dari utara pelabuhan Tokyo menuju AS. Stockpile itu disediakan oleh AS, Inggris dan Prancis untuk Jepang satu dekade yang lalu. Hal itu meresahkan karena Jepang juga memiliki pengetahuan untuk menghasilkan senjata nuklir.
Lima kelompok anti-nuklir, termassuk Greenpeace, mengkonfirmasi persiapan pengiriman bahan pembuat bom nuklir tersebut.

”Sekitar 730 pon plutonium akan dikirim oleh sebuah kapal transportasi Inggris bersenjata nuklir di bawah pengawalan pasukan bersenjata ke AS,” bunyi pernyataan lima kelompok aktivis anti-nuklir.

Shaun Burnie, ahli nuklir senior di Greenpeace, mengatakan kapal itu berangkat hari Minggu besok (20/3/2016). ”Keberangkatan dari utara pelabuhan Tokyo, bisa terjadi Minggu dini hari,” katanya, seperti dikutip MailOnline.

Pengiriman plutonium terjadi menjelang pertemuan puncak keamanan nuklir di Washington bulan ini. Langkah Jepang itu diduga sebagai komitmen untuk perjanjian non-proliferasi nuklir.


Pejabat Pemerintah Jepang, Tsukasa Yamamura, membenarkan laporan itu.”Materi akan dibuang di Amerika Serikat,” katanya.

”Kami tidak bisa mengomentari rincian seperti tanggal dan rute untuk alasan keamanan,” lanjut dia.

Sumber: Sindonews.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bahan Pembuat Bom Nuklir Di Kirim Dari Jepang Ke AS.