Berita Terupdate dan Terpercaya Yang Disajikan Dengan Lebih Menarik

Akhirnya Mau Bocorkan Rencana ISIS, Dalang Teror Paris Diekstradisi

beritaviral.org - Salah Abdeslam mengakhiri mogok bicara di hadapan penyelidik Kepolisian Belgia. Dia bersedia menjabarkan informasi penting mengenai persiapan Teror Paris November tahun lalu. Belgia-Prancis telah menuntaskan persiapan awal untuk segera mengekstradisi militan Negara Islam Irak dan Syam (ISIS) itu.

Pengacara Abdeslam, Cedric Moisse, mengatakan kliennya telah bersedia kooperatif dengan penyidik, termasuk kemungkinan diekstradisi ke Prancis untuk diadili. Dia siap bekerja sama, termasuk dengan otoritas Prancis. Dia ingin pernyataan ini disebarluaskan, kata Moisse, seperti dilansir CBS News, Jumat (1/4).

Abdeslam adalah salah satu otak serangan teror beruntun di Paris yang menewaskan 130 orang. Beberapa jam setelah tim kecilnya beraksi, Abdeslam kabur ke perbatasan Belgia lalu bersembunyi di distrik dekat Ibu Kota Brussles.


Beberapa bulan terakhir, Abdeslam adalah sosok paling dicari kepolisian seantero Benua Biru. Dia dianggap mengetahui detail pasokan senjata, persiapan, serta kontak dengan petinggi ISIS di Irak.

Selama buron, Abdeslam masih sempat merekrut calon militan yang akhirnya meledakkan bom bunuh diri di Bandara Zaventem serta stasiun kereta Brussels pekan lalu, menewaskan 32 orang serta melukai 200 lainnya.

Abdeslam ditangkap hanya tiga hari sebelum bom bunuh diri di Brussels meledak. Namun diduga dia tidak memerintahkan aksi tersebut. Selama buron dia lebih banyak berada di apartemen, kata Eric Van der Sypt, Jaksa Federal Belgia.

sumber: merdeka

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Akhirnya Mau Bocorkan Rencana ISIS, Dalang Teror Paris Diekstradisi