Berita Terupdate dan Terpercaya Yang Disajikan Dengan Lebih Menarik

Ahok Ancam Akan Jebak Grab dan Uber Taksi

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan, operasional penyedia jasa taksi online seperti Grab dan Uber seharusnya terdaftar di Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans). Agar penyedia jasa taksi online itu membayar pajak kendaraan umum, maka harus berplat kuning dan diberi stiker atau penanda khusus kendaraan umum.

"Di luar negeri misalnya di Singapura, Uber Taksi dan Grab Taksi ada enggak? Ada. Tapi mereka mobil, taksinya didaftarin. Dia tempel (stiker penanda khusus). Kategori apa? Plat kuning," kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (14/3/2016).

Namun, jika penyedia jasa taksi online hendak menggunakan kendaraan berplat hitam maka statusnya adalah mobil sewaan atau rental. Dimana, mobil rental pun diwajibkan membayar pajak.
"(Kalau berplat hitam) kamu rental, ya mesti bayar pajak juga. Boleh enggak ada mobil rental di Jakarta? Boleh. Tapi mesti ada pajak, semua mesti ada. Mesti tempel (stiker penanda khusus)," ucapnya.

Ahok menjelaskan, operasional Grab dan Uber rawan penyelewengan. Sebab, perseorangan pun bisa menjadi pengemudi taksi tanpa dikenakan pajak khusus kendaraan umum. Namun sayangnya, karena menggunakan kendaraan pribadi berplat hitam dan dipesan secara online, kendaraan umum jenis ini tak bisa dengan mudah ditindak.

"Terus karena kamu perorangan nyambi, kita juga enggak tahu kan. Nyambi enggak daftarin pajak. Ini perusahaan kan pelihara pegawai. Bengkel masing-masing. Biaya lebih tinggi. Walaupun ini juga memang ke depan kalau adil, ini akan mengoreksi memang," jelasnya.

Ke depan, untuk membatasi operasi taksi online yang tak memiliki izin ini, Ahok berencana melancarkan aksi jebakan untuk menjerat pengemudi dan mengandangkan armadanya. Diakuinya, selama ini sulit untuk menjegal keberadaan Uber dan Grab.

"Kita udah ngelarang berapa kali kok. Kayak kita bilang ada prostitusi online gimana coba tangkapnya. Harusnya kita jebak. Mungkin ke depan akan mulai kita jebak. Kita kandangin loh," tukas Ahok.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ahok Ancam Akan Jebak Grab dan Uber Taksi