Berita Terupdate dan Terpercaya Yang Disajikan Dengan Lebih Menarik

6 Cara Jitu Agar Anak Mau Mendengarkan Orang Tuanya

TIPS - Perkataan orang tua seringkali diabaikan anak, atau bahkan tidak didengarkan sama sekali. Untuk itu berikut ini adalah tips jitu agar anak anda mendengarkan perkataan Anda:

1. Jadilah pendengar yang baik. Anak-anak tidak bisa belajar menjadi pendengar yang baik bila mereka tidak memiliki panutan yang baik. Pastikan Anda menunjukan apa yang Anda harapkan dari mereka dengan menjadi pendengar yang baik. Seperti pepatah tua, “Kita memiliki dua telinga dan satu mulut karena ada alasannya” maksudnya, dengarkan anak Anda bicara dua kali lebih banyak daripada bicara Anda.

2. Berbicaralah dengan penuh hormat. Bila Anda menjadi seorang anak, bagaimana Anda
ingin diajak berbicara? Gunakan harapan Anda itu sebagai modelnya.

3. Beri perhatian dulu, baru berbicara. Dapatkan perhatian anak terlebih dahulu. Pastikan mereka melihat Anda sebelum Anda berbicara. Secara verbal, Anda juga bisa meminta perhatian anak. Saat bertatapan, Anda mendapatkan perhatian penuh dari anak. Inilah saatnya Anda menyatakan permintaan.

4. Berikan Peringatan. Adakalanya sulit mengalihkan perhatian, terlebih saat mereka sedang melakukan sesuatu yang menarik. Beri batasan waktu kepada mereka. Contohnya, “Ayah/Ibu perlu bantuan kamu dua menit lagi ya,” atau “Ayah/Ibu ingin berbicara dengan kamu lima menit lagi ya.”

5. Turunkan volume suara. Daripada berteriak, lebih baik turunkan volume suara Anda. Bicaralah dengan nada lebih lembut, tidak keras.

6. Jangan berpanjang lebar. Anak tidak mau mendengar kuliah panjang lebar. Jadi ungkapkanlah       permintaan Anda dengan singkat dan langsung, contohnya, “Bereskan tempat tidurmu sebelum bermain!” Kadang, irit kata-kata juga membantu. Cukup satu kata kadang bisa menjadi trik yang   baik, misalnya, “PR!“

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 6 Cara Jitu Agar Anak Mau Mendengarkan Orang Tuanya